Sunday, September 28, 2014

Resensi Novel "Oppa and I"

 Judul : Oppa & I

 Penulis : Orizuka & Lia Indra Andriana

 Penerbit : Penerbit Haru

 Genre : Drama

 Tebal : 156 halaman

 Terbit : Desember 2011

 Harga : Rp 28.000,00

   
  Park Jae In dan Park Jae Kwon adalah saudara kembar. Orangtua mereka berasal dari Negara yang berbeda, Indonesia dan Korea. Ibu mereka yang bernama Sandy berasal dari Indonesia menikah dengan Park Jae Bin yang berasal dari Korea. Ayah mereka, Park Jae Bin adalah seorang workaholic, sehingga ia lebih memilih untuk menerima panggilan tugas di Seoul daripada tetap tinggal bersama keluarganya di Jakarta. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk bercerai. Sandy tinggal bersama Jae In di Indonesia, dan Jae Bin tinggal dengan Jae Kwon di Seoul.
     Tanpa diduga, Jae Bin datang ke Jakarta meminta kembali menjadi keluarga dan mengajak mereka ke Seoul. Karena Sandy masih mencintai Jae Bin dalam hati kecilnya, akhirnya Sandy memutuskan untuk kembali ke Seoul dengan syarat ia boleh bekerja.
     Jae In dan Jo Kwon akhirnya bertemu kembali setelah sekian lama. Tetapi ada yang berubah dari Jae In. Ia merasa bahwa kakaknya tersebut tidak peduli dengan dia dan ibu mereka. Jae Kwon tidak memberi kabar bahkan tidak memberi kado ultah saat hari kelahiran mereka tiba. Akhirnya Jae In tidak mau memanggil jae Kwon dengan panggilan “oppa” karena dia menganggap Jae Kwon bukanlah saudaranya lagi. Dia juga tidak mau kalau sampai semua orang di sekolah tau bahwa mereka adalah kembar. Jae Kwon tidak punya pilihan lain selain menuruti permintaan adiknya tersebut.
Setelah beberapa bulan menjalani hari-harinya dengan kembarannya itu, Jae In mulai lebih mengenal orang seperti apa Jo Kwon dan sering memikirkannya. Saat menghabiskan waktu luangnya dengan melukis di balkon sekolah, tanpa sadar yang dilukisnya adalah Jae Kwon. Di tempat itulah ia bertemu dengan Choi Seung Won, teman sekelas Jae In yang menyukai Jae In diam-diam.
     Jae kwon mempunyai image yang bagus disekolahnya. Dan seniornya banyak yang menyukai dia. Terutama Hye Rin, senior Jae Kwon sekaligus wanita paling cantik di sekolahnya. Jae Kwon adalah ketua kelas di kelasnya, selain itu ia juga mengikuti ekstra sepak bola dan mempunyai peran penting dalam tim sepak bola sekolahnya. Ia selalu berhasil menyelamatkan timnya dari kekalahan. Ia masuk tim sepak bola karena dipaksa oleh ayahnya. Di lain sisi ia menyukai anime khususnya One Piece dan ia ingin menjadi dubber anime di KBS TV. Dan akhirnya ia berhasil diterima oleh KBS TV menjdi dubber anime dan memutuskan untuk keluar dari tim sepak bola.
     Hye Rin menyukai Jae Kwon karena Jae Kwon memiliki image yang bagus dan terkenal di sekolah. Suatu hari, Hye Rin menyatakan cintanya pada Jae Kwon. Tetapi karena saking senang dan bingungnya, Jae Kwon belum bisa menjawab pernyataan cinta Hye Rin. Saat Jae Kwon ingin bertemu Hye Rin dan membicarakan masalah tersebut, saat itu Hye Rin sedang berada di KBS TV untuk mengikuti audisi. Karena pada saat yang sama Jae Kwon juga berada di KBS TV ia berencana untuk mengaajak ketemuan di KBS TV. Tetapi ia masih punya rasa bersalah dan rasa takut tentang apakah Hye Rin akan tetap mencintainya jika dia tidak seperti yang Hye Rin harapkan selama ini?. Dan akhirnya Hye Rin menjawab kalau dia belum bisa menerima jika Jae Kwon tidak seperti yang dia harapkan.
     Hubungan keluarga jae In dan Jae Kwon mulai membaik. Bahkan ayahnya sudah mulai berubah. Ia tidak lagi kaku seperti dulu dan mulai memperhatikan keluarganya. Di hari ultah Jae In dan Jo Kwon, mereka merayakannya dengan makan malam bersama di Restaurant. Sandy dan Jae Bin memberikan hadiah masing-masing kepada anak kembarnya. Jae Kwon menerima hadia dari ayahnya berupa koleksi miniature One Piece , tokoh anime kesukaannya. Jae In menerima hadiah dari ayahnya semenjak ultahnya ke-13, 14, 15, dan 16. Ternyata selama ini ia membelikan hadiah untuk ultah Jae In tetapi hanya saja ia tidak mengirimnya ke Indonesia. Akhirnya, Jae In menyadari bahwa ayah, ibu, dan saudara kembarnya tidak melupakannya selama ini dan selalu mencintai Jae In. Dan akhirnya Jae In bisa memanggil Jae Kwon dengan panggilan “Oppa”.
     Novel ini berasal dari novel online populer di koreanupdates.com yang ditulis oleh Orizuka dan Lia Indra. Novel ini mempunyai seri yang kedua yang berjudul “Oppa & I : Love Mission” yang bisa didapatkan di toko buku Gramedia.

0 comments:

Post a Comment